Tuesday 24 November 2015

Kisah Inspirasi : Chow Yun Fat

Pikiran negatif membuat kita putus harapan, patah semangat, tertekan, khawatir, dan akhirnya menggerogoti semangat hidup kita. Untuk itu, hilangkan pikiran negatif dengan pikiran positif jika hidupmu ingin bergairah. Gairah positif adalah motivasi yang ampuh untuk meraih segala sesuatu yang kita inginkan. Untuk menghilangkan pikiran negatif, setidaknya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Pertama, mengubur kisah kelam masa lalu. Salah satu hal yang sering membuat kita cemas adalah terlalu pusing memikirkan masa lalu atau masa depan. Masa lalu biarlah berlalu dan jadikanlah kisah kelam masa lalu kita sebagai pelajaran untuk menatap masa depan. Masa depan itu sendiri menyimpan banyak misteri. Untuk itu jangan membuat diri Anda menderita dengan kegagalan masa lalu dan ketakutan akan masa depan.

Kedua, senantiasa berpikir positif. Jika Anda senantiasa berpikir positif, maka dengan sendirinya hal-hal positif akan datang dan kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya jika Anda selalu berpikir negatif, maka hidup Anda akan dipenuhi dengan hal-hal negatif. Persoalan ringan menjadi berat, gairah hidup menurut dan masa depan akan semakin suram.

Ketiga, fokus pada hat-hal positif. Kita sering lupa tentang apa yang kita miliki dan banyak memikirkan sesuatu yang tidak kita miliki. Kita lupa bahwa sejak bangun dari tidur, mata kita telah melihat dan merasakan nikmat Tuhan yang begitu luar biasa. Kita masih bisa membuka mata, bernapas, merasakan udara pagi, dan begitu banyak nikmat lainnya. Salah satu hal yang membuat kita merasa tidak bahagia adalah kita sering lupa untuk bersyukur. Untuk itu, buatlah daftar rasa syukur. Setiap hari tuliskan lima atau sepuluh hal positif yang Anda alami. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun hal-hal kecil yang terjadi di sekitar Anda. Misalnya "hari ini cerah," dan lain sebagainya. Meskipun kegiatan ini terlihat sepele, tetapi manfaatnya cukup besar. Kegiatan ini bisa merubah pikiran negatif Anda menjadi pikiran positif.

Keempat, ubah cara pandang Anda. Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana. Carilah cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang berbeda dan mengarah pada hal-hal yang positif. Kemudian bersyukurlah, karena setiap tantangan sesungguhnya terdapat keuntungan, dan dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

No comments:

Post a Comment